# SELAMAT DATANG DI WEBSITE KARIMUN TOURISM. PUSAT INFORMASI PARIWISATA KABUPATEN KARIMUN!


ANGKUTAN LAUT

Nah, bagaimana kalau Anda ingin melakukan perjalanan antarpulau? Jangan khawatir, di Karimun tersedia banyak moda trasportasi laut. Ada kapal cepat (speed boat), pompong hingga boat pancung yang melayani rute reguler antarpulau Untuk rute Tanjung Balai-Pulau Buru misalnya, Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp15.000,-, menuju ke Kota Urung (Tanjung Berlian) di Kundur Utara, tarifnya Rp25.000,-, ke Tanjung Batu, Rp50.000,- dan yang paling mahal adalah ke Pulau Moro yakni Rp70.000,- untuk sekali jalan.

Terdapat banyak pelabuhan laut yang melayani penumpang yang hendak bepergian ke pulau-pulau di dalam lingkup Kabupaten Karimun. Masing-masing pulau memiliki pelabuhan sendiri. Adapun jadwal dan tarifnya, bisa ditanyakan langsung ke tiap pengelola pelabuhan.

SEWA MOBIL

Alternatif lain kalau ingin menjelajahi Karimun adalah dengan menyewa mobil. Apalagi kalau Anda bepergian bersama rombongan atau grup. Selain lebih nyaman, Anda juga bisa punya waktu banyak untuk mengeksplorasi tempat-tempat destinasi wisata yang hendak dituju. Anda bisa menyewa mobil per hari, bisa juga per minggu. Kalau per minggu, biaya sewanya sekitar Rp1.500.000,- Sementara per harinya ada di kisaran Rp300.000,- sampai Rp400.000,-. Harga tersebut tidak termasuk supir dan bahan bakarnya Anda sendiri yang harus menanggung.

 

ANGKUTAN KOTA/OPLET

Bila ingin bepergian agak jauh, angkutan kota (angkot) merupakan salah satu pilihan alternatif. Angkot-angkot itu, seperti juga di daerah lain, memiliki rute-rute tertentu. Warna angkotnya juga berbeda. Untuk dalam kota Tanjung Balai misalnya, rute dari pelabuhan ke perbatasan kota yakni di kawasan bernama Kapling, Anda harus memilih angkot yang berwarna kuning, Kalau ingin ke daerah di Kecamatan Tebing, angkotnya berwarna coklat. Sedangkan bila hendak ke daerah di sekitaran Kecamatan Meral, Anda harus naik yang berwarna biru. Tarif sekali naik, Anda cukup merogoh kocek Rp2. 500,-.

Kalau di kota-kota di kecamatan lain? Jangan risau, angkot juga tersedia lengkap di sana. Di Pulau Kundur misalnya, kalau bertolak dari Kota Tanjung Batu menuju ke Kota Urung, Anda bisa naik angkot yang berwarna merah sementara untuk ke Sawang, Ibu Kota Kecamatan Kundur Barat, angkot yang tersedia berwarna putih. Tarifnya per trip berkisar Rp8.000,-

BUS KAYU

Ini adalah moda transportasi yang boleh dikatakan khasnya Kabupaten Karimun. Kebanyakan bus ini hanya mengangkut anak sekolah atau disewa untuk angkutan karyawan. Sementara untuk umum bus kayu ini hanya melayani satu rute yaitu Meral Pasir Panjang. Jadi bila Anda kebetulan berada di Meral dan ingin menuju Pasir Panjang, silakan gunakan moda transportasi ini. Sementara untuk biayanya, sangat murah. Sekali naik Rp1.000,- hingga Rp2.000,-, bergantung jauh dekatnya jarak yang Anda tempuh.

OJEK

Moda transportasi beroda dua ini sangat mudah dijumpai. Biasanya mereka memiliki pangkalan hampir di setiap persimpangan jalan. Seperti biasa, kalau mau naik ojek, Anda harus menawar terlebih dahulu. Untuk sekali naik, dalam kawasan kota, tarifnya ada di kisaran Rp5.000,- hinggaRp15.000,-. Dari tukang ojek ini, Anda juga bisa menyewa sepeda motor mereka. Tapi soal hargasewa per harinya, tergantung negosiasi Anda dengan mereka. Tarif umum sewa motor per hari, biasanya sekitar Rp70.000,- hingga Rp80.000,-. Tarif itu tidak berikut Si pengojeknya. Anda pun harus mengisi bahan bakarnya sendiri.

More Articles...

  1. BECAK
. Copyright © 2013. karimuntourism.com